Mengatasi mual dan muntah saat hamil muda

Anwar

Rasa mual dan ingin muntah saat hamil atau disebut morning sickness biasa terjadi pada trimester pertama kehamilan. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan produksi hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Peningkatan kedua hormon tersebut akan mempengaruhi fungsi neuron dan fungsi alat tubuh lainnya.

Meskipun morning sickes sudah umum terjadi pada wanita hamil, akan tetapi gejala yang dirasakan tiap orang berbeda-beda. Bahkan pada beberapa kasus, mual dan muntah bisa terjadi sepanjang hari sehingga mengganggu aktivitasnya. Akibatnya penderita mengalami penurunan kesehatan karena tidak bisa mengonsumsi apa-apa ketika hamil muda.

Apakah morning sicknes berbahaya?

Mual dan muntah terjadi karena perubahan hormon kehamilan yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Hal ini tentunya akan mengganggu aktifitas dan membuat Anda tidak nyaman. Morning sicknes dengan gejala normal dan masih bisa diatasi tidaklah berbahaya. Akan tetapi jika terjadi terus menerus sepanjang hari ini merupakan gejala berat yang harus mendapat penanganan serius. Mual dan muntah gejala berat yang tidak bisa diatasi sendiri terjadi bukan hanya karena perubahan hormon saat hamil, tetapi juga bisa disebabkan oleh sindrom hiperemesis gravidarium. Gejala morning sickness berat yaitu jika Anda tidak bisa menerima makanan apapun serta langsung mual dan muntah ketika minum air sehingga mudah dehidrasi.

Cara mengatasi morning sicknes

Mual dan muntah yang terjadi terlalu sering bisa mengganggu perkembangan janin sehingga harus mendapat penanganan. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi morning sickness ketika hamil muda:

1. Makan dengan porsi kecil

Jika Anda mengalami morning seickness saat kehamilan, biasakan untuk makan dengan porsi kecil tapi sering. Buatlah jadwal makan secara teratur agar perut Anda bisa menerimanya. Pilihlah makanan sehat yang baik untuk Ibu hamil agar janin yang dikandung lebih sehat terutama pada trimester pertama.

2. Jangan langsung beranjak dari tempak tidur ketika bangun pagi

Untuk dapat mencegah terjadinya mual dan muntah, sebaiknya berikan jeda istirahat ketika Anda terbangun di pagi hari. Cobalah untuk meregangkan badan sesaat ketika bangun tidur, bisa juga sediakan biskuit di samping tempat tidur Anda agar dapat dimakan ketika bangun untuk menghindari morning sickness.

3. Jauhi makanan pedas dan berlemak

Makanan pedas dan berlemak sebaiknya dihindari ketika Anda hamil, apalagi jika Anda sering merasa mual dan muntah. Makanan pedas dan berlemak dapat mengganggu pencernaan sehingga memicu terjadinya morning sickness. Perbanyak minum air putih ketika hamil sehingga Anda terhindar dari dehidrasi

Semoga ulasan Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil Muda dari Alami Ilmiah di atas dapat meringankan keluhan Anda saat hamil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *